Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
LOGIN ANGGOTA
Email
Password
  lupa password?
Pendaftaran
Sekolah/Kursus/Daycare
GRATIS!
Jika Anda ingin mendaftarkan sekolah/kursus/daycare ke AkuPintar.info,
silakan klik tombol di bawah ini:

MAINAN EDUKASI
artikel icon   ARTIKEL

Hari Ini Belajar Apa Di Sekolah?

Bunda, secara nggak sadar, mungkin kita sering ya bertanya kepada anak sepulang dari sekolah:

”Kakak, hari ini belajar apa?”

“Adik, gimana sekolah hari ini?”

Kita bertanya dengan antusias karena ingin sekali tahu apa yang dialami si kecil, tetapi sering kali respon anak tidak seperti yang kita harapkan. Kadang mereka jawab,”Asyik!” secara sambil lalu, kadang mereka jawab,”Biasa” dan tidak jarang mereka justru tidak menjawab pertanyaan kita.

Ternyata skenario seperti itu terjadi dimana-mana bunda. Karena memang anak tidak suka diselidiki oleh orangtuanya. Mereka tidak suka jika orangtua terlalu ingin tahu semua kegiatan mereka. Bahkan rasanya semua orang dewasa selalu ingin tahu kehidupan mereka dan melontarkan pertanyaan yang membosankan sepanjang hidup mereka.

Coba kita perhatikan hidup seorang anak, mungkin capek ya menjawab pertanyaan-pertanyaan orang dewasa. Kemana mereka pergi selalu ditanya:

”Siapa namanya?”

“Kelas berapa sekarang?”

“Umurnya berapa?”

“Adik sekolah dimana?”

Entah apa yang ada dibenak anak-anak saat mereka ditanya pertanyaan yang sama terus menerus. Dan sekarang ditambah lagi orangtua mereka yang bertanya pertanyaan yang sama setiap kali mereka pulang dari sekolah. Mereka mungkin sudah bosan menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Aduh! Rasanya gemes dan nggak enak sekali ya kalau kita tidak bisa mendengar kisah mereka. Saat mereka belum sekolah, rasanya kita tahu semua kegiatan mereka. Sekarang setelah mereka bersekolah, mereka seperti mulai memiliki dunianya sendiri.

Jangan kuatir bunda, ada kok cara-cara untuk mengembangkan komunikasi dengan anak supaya anak juga bisa terbuka dengan kita.  

Pertama-tama kita harus ingat bahwa komunikasi itu sifatnya “give and take” atau dua arah. Sebelum kita banyak bertanya , ada baiknya bunda memulai percakapan dahulu. Seorang anak perlu dilatih untuk terbiasa mengungkapkan dirinya ataupun perasaannya. Caranya adalah dengan terbiasa mendengar kita mengungkapkan diri dan perasaan kita juga. Coba, mulai biasakan bercerita ke anak,seperti misalnya,”Hari ini bunda senang sekali lho, bunda mencoba resep kue baru dan berhasil. Padahal bunda sudah kuatir sekali, soalnya kue ini kata orang susah sekali dibuat…… Kakak, senang nggak hari ini? Ada yang asyik yang terjadi di sekolah?”

Kita memang harus kreatif dalam melontarkan pertanyaan. Bunda mungkin bisa mencoba beberapa pertanyaan berikut ini:

  • “Hari ini ada nggak kejadian lucu yang terjadi di sekolah?”
  • “Hari ini ada nggak yang bikin adik senang?”
  • “Hari ini ada nggak yang bikin kakak sedih?
  • “Belajar apa yang paling kakak suka hari ini?”
  • “Apakah teman kakak semua masuk sekolah hari ini?”

Semoga pertanyaan-pertanyaan diatas cukup membantu bunda untuk memulai percakapan dengan anak mengenai sekolah. Kalau pun belum berhasil, jangan menyerah, terus kreatif dan terus menjadi contoh pribadi yang terbuka kepada anak. Lambat laun anak pun akan terbiasa mengungkapkan dirinya kepada bunda.

You are the best mother for your child!

 

 

Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha