Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
LOGIN ANGGOTA
Email
Password
  lupa password?
Pendaftaran
Sekolah/Kursus/Daycare
GRATIS!
Jika Anda ingin mendaftarkan sekolah/kursus/daycare ke AkuPintar.info,
silakan klik tombol di bawah ini:

MAINAN EDUKASI
artikel icon   ARTIKEL

Membentuk Kebiasaan Membaca Sejak Dini

 

“We first make our habits, and then our habits make us.”

- John Dryden

 

Sepertinya saya harus memulai artikel ini dengan mengatakan: Selamat ayah bunda! Karena ayah dan bunda tertarik membaca artikel ini, itu sudah menunjukkan bahwa ayah dan bunda ingin membentuk sebuah kebiasaan baik dalam diri anak-anak, yaitu kebiasaan membaca.

Untuk memulainya, ayah dan bunda tidak perlu ragu untuk membacakan cerita sedini mungkin. Bahkan menurut penelitian janin di kandungan yang berusia 7 bulan pun sudah memberikan respon saat dibacakan cerita. Setelah bayi lahir, ayah bunda tak perlu ragu lagi untuk terus melanjutkan kebiasaan membacakan cerita. Jangan memusingkan apakah bayi akan mengerti cerita yang dibacakan atau tidak, karena pertama-tama kebiasaan baiknya yang sedang dibangun. Bahkan untuk membuat anak gemar membaca, semakin dini kebiasaan ini dimulai akan semakin baik.

Seorang bayi sangat senang mendengarkan suara  ayah dan bundanya. Tanpa memahami apa yang dikatakan orangtuanya pun, bayi merespon dengan sangat positif suara ayah bundanya. Seorang bayi menangkap pesan melalui nada suara dan sentuhan yang diterimanya. Oleh sebab itu saat membacakan cerita pastikan ayah dan bunda membacakan dengan nada yang enak didengar.

Jika kebiasaan ini dimulai sejak bayi, saat anak sudah lebih besar dan mulai aktif pun, dia tetap bisa berkonsentrasi mendengarkan sebuah cerita.

Apa yang harus dilakukan jika anak sudah mulai aktif dan tidak bisa berkonsentrasi mendengarkan cerita? Carilah waktu dimana anak cukup tenang atau tidak sedang aktif melakukan aktifitas fisik.  Biasanya waktu anak paling tenang adalah saat anak akan tidur malam. Setelah anak berganti baju, dibersihkan dan sikat gigi, anak akan merasa relaks dan siap untuk tidur. Siapkan buku cerita  yang menarik untuk anak dan dudukkan dipangkuan. Bacakan cerita dengan nada yang dinamis, menarik dan enak di dengar. Untuk anak yang masih suka memasukkan barang ke dalam mulut, pilihlah buku cerita yang terbuat dari kain. Untuk anak yang masih suka merobek buku, sediakan buku yang terbuat dari kertas tebal/karton.   

Konsistensi adalah kunci keberhasilan. Jadikan kegiatan membacakan buku ini sebuah kebiasaan baik yang dilakukan setiap hari. Maka lambat laun, anak akan mempunyai kebiasaan baik karena ayah bunda  menyediakan waktu dan tenaga untuk membangun kebiasaan ini.

 

Baca juga:

* Bacakan Cerita Untuk Anak, Banyak Sekali Manfaatnya...

 

 

Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha