Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
LOGIN ANGGOTA
Email
Password
  lupa password?
Pendaftaran
Sekolah/Kursus/Daycare
GRATIS!
Jika Anda ingin mendaftarkan sekolah/kursus/daycare ke AkuPintar.info,
silakan klik tombol di bawah ini:

MAINAN EDUKASI
artikel icon   ARTIKEL

Mencari Sekolah Yang Bagus: Kunjungan Ke Sekolah

Banyak sekolah (Kelompok Bermain dan Taman Kanak Kanak) menyediakan “Kelas Percobaan” untuk calon siswa baru. Biasanya 1 sampai 2 kali anak boleh mencoba secara gratis baik dengan didampingi atau pun tidak didampingi oleh orangtua (tergantung kebijakan sekolah). Kelas Percobaan ini adalah fasilitas yang sangat menolong orangtua agar dapat mengalami secara langsung bagaimana kelas dilakukan. Namun saya sarankan untuk orangtua tidak mencoba semua sekolah yang menyediakan fasilitas ini. Sebaiknya orangtua terlebih dahulu menentukan kriteria apa yang harus dimiliki oleh sekolah yang akan dipilih, silahkan membaca Memilih Sekolah Bagi Anak. Kemudian mengumpulkan informasi penting mengenai sekolah melalui telepon, silahkan membaca Daftar Pertanyaan Penting via Telepon untuk Memilih Sekolah.

Setelah Anda menentukan sekitar 3 sekolah yang memenuhi kriteria Anda, silahkan Anda mengadakan kunjungan langsung dan mengikuti Kelas Percobaan. Jika tidak disediakan Kelas Percobaan, Anda sebaiknya tetap melakukan kunjungan sehingga Anda bisa melihat fasilitas bangunan, kelas dan suasana sekolah.

file9831327559939

RUTINITAS HARIAN
Mintalah informasi mengenai rutinitas harian di kelas dari mulai anak masuk ke kelas sampai kelas berakhir. Dari informasi tersebut Anda bisa melihat keragaman dan keteraturan aktivitas yang anak-anak lakukan di sekolah tersebut. Jika memungkinkan mintalah kalender akademik sekolah.

FASILITAS
Lihatlah semua fasilitas yang tersedia. Biasanya bagian penerimaan murid akan mengantarkan Anda untuk berjalan keliling melihat ruang kelas, area permainan outdoor, lapangan olahraga, perpustakaan dan fasilitas lain yang tersedia. Lihatlah kebersihan dan keamanan semua fasilitas yang Anda lihat.

 RUANG KELAS

Apakah ruang kelas cukup nyaman, menarik dan bersih. Penerangan cukup dan tidak terlalu panas. Lantai, karpet dan mainan dalam kondisi yang layak dan terawat. Apakah mainan yang tersedia sesuai dengan usia anak. Sangat baik jika Anda menemukan karya-karya anak di tempel di dinding atau diletakkan di rak-rak yang tersedia.

GURU

Perhatikan cara guru berkomunikasi dengan anak Anda. Apakah nada bicaranya ramah dan raut wajahnya bersahabat. Ada sekolah yang membiarkan anak baru beradaptasi terlebih dahulu, dan guru tidak terlalu agresif melakukan pendekatan supaya anak tidak takut. Maka sebaiknya Anda memperhatikan bagaimana anak-anak lain berkomunikasi dengan guru. Apakah guru memperhatikan dengan baik dan menunjukkan sikap-sikap yang menghargai anak. Apakah guru terlihat menikmati waktu dan tugasnya bersama anak.

ANAK
Apakah anak-anak terlihat gembira di dalam dan di luar kelas. Apakah mereka terlihat bosan atau capek. Apakah anak-anak terlihat aktif dan antusias dalam melakukan kegiatannya di dalam kelas. Apakah ada guru atau petugas yang mengawasi mereka saat bermain di luar.

ORANGTUA
Jika ada orangtua yang menunggu di ruang tunggu, jangan takut untuk bertanya kepada mereka tentang pendapat mereka akan sekolah tsb. Berapa lama anaknya sudah bersekolah dan perkembangan apa saja yang terlihat.

Jika saat mengadakan kunjungan atau mengikuti Kelas Percobaan anak Anda menangis, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa sekolah tersebut tidak baik karena sebagian besar anak akan menangis pada pertemuan-pertemuan pertama. Tanyakan kepada guru bagaimana biasanya mereka menolong anak untuk beradaptasi dan berapa lama biasanya anak beradaptasi. Jika Anda bekerjasama dengan guru maka proses adaptasi akan semakin cepat.

 

Happy hunting!

 



Baca juga:

* 10 Standard Pra-Sekolah Yang Berkualitas

 

*  Menyiapkan Anak Untuk Mulai Bersekolah

 

 

Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha