Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
LOGIN ANGGOTA
Email
Password
  lupa password?
Pendaftaran
Sekolah/Kursus/Daycare
GRATIS!
Jika Anda ingin mendaftarkan sekolah/kursus/daycare ke AkuPintar.info,
silakan klik tombol di bawah ini:

MAINAN EDUKASI
artikel icon   ARTIKEL

Bacakan Cerita Untuk Anak, Banyak Sekali Manfaatnya….

Kalau setiap orangtua ditanya apakah ingin anaknya menjadi anak yang pandai dan sukses. Pasti semua menjawab “Tentu saja!”. Kalau ditanya bagaimana caranya? Mungkin akan banyak yang menjawab dengan menyekolahkan di sekolah yang terbaik. Tentu saja itu bukan jawaban yang salah. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua anak bisa bersekolah di sekolah favorit karena berbagai macam faktor. Namun hal itu tidak akan menghalangi seorang anak menjadi anak yang pandai dan sukses. Anak yang pandai di era infomasi yang berlimpah ini adalah anak yang bisa belajar secara mandiri. Jika orangtua bisa membentuk kebiasaan membaca sedini mungkin, anak akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

1.  Membangun Kedekatan Hubungan.

Dengan mendudukkan bayi atau anak dipangkuan. Membacakan sebuah cerita menarik dengan suara yang dinamis dan enak didengar. Seorang anak benar-benar merasa dikasihi, diterima dan diinginkan. Hubungan orangtua anak akan menjadi semakin kuat.

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa.

Karena terbiasa mendengar kata-kata dari bacaan yang dibacakan orangtuanya, anak akan lebih cepat bicara dan lebih mampu berkomunikasi dengan teman atau orang dewasa lain.

3. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Logis.

Karena terbiasa mendengarkan cerita yang didalamnya terdapat banyak hubungan sebab dan akibat, maka secara otomatis kemampuan anak untuk memahami dan berpikir secara logis menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan Rentang Perhatian (Konsentrasi).

Mendengarkan cerita membutuhkan konsentrasi, semakin sering dan semakin dini anak dibiasakan mendengarkan cerita, dia akan lebih mudah berkonsentrasi.

5. Suka Membaca

Tanpa disuruh lagi, anak yang sejak bayi dibacakan cerita menjadi terbiasa dengan kebiasaan itu sehingga dia tumbuh jadi anak yang suka membaca.

 

Jangan tunda-tunda ayah bunda, mulai bacakan cerita untuk buah hati sedini mungkin!

 

Baca juga:

* Membentuk Kebiasaan Membaca Sejak Dini

 

 

Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha